baluap


Pulau Berhala
Agustus 14, 2014, 4:32 am
Filed under: Urusan Kuliah

Mendengar namanya saja sudah termasuk sudah membuat kita sedikit merinding. Apalagi ingin berkunjung ke sana. Ya. seperti ada tertulis di wikipedia, pulau berhala merupakan salah satu pulau terluar dari pulau Sumatera yang berbatasan dengan negara Malaysia. Tepatnya terletak di 3o46’38″LU dan 99o30’03″BT. Sesuai dengan informasi di wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Berhala), nama Pulau Berhala ini diambil dari nama raja Jambi dahulu yaitu Datuk Paduko Berhala yang makamnya terdapat di pulau itu. Sebagai informasi tambahan, ada begitu banyak hal menarik yang bisa kita lihat di sana. Antara lain, keindahan alamnya, wisata baharinya dan ada begitu banyak jenis hewan dan biota yang bisa kita lihat. Pulau yang memiliki luas 25 ha ini di huni oleh berbagai Hewan langka antara lain, Biawak, Penyu, Ular, dan Napu (sejenis Kancil) dan juga di huni oleh berbagai biota laut antara lain Ketam Kelapa, Kima Raksasa, dan Ikan Bulu Ayam. Sudah bisa dipastikan akan ada banyak kegiatan yang bisa dikerjakan kalau kita berkunjung kesana.

Perjalanan ke tempat ini, saat ini hanya bisa di lalui melaui jalur laut dengan perahu ikan yang di miliki nelayan yang ada di sana. Perjalan dapat di tempuh sekitar 2 jam dari Medan menuju Simpang Tanjung Beringin. Dari Simpang tanjung Beringin kita menempuh sekitar 30 menit menuju pelabuhan nelayan.

IMG_9236 IMG_9239

IMG_9217

IMG_9244

Setelah kita naik ke kapal nelayan, kita akan melewati sungai sekitar 30 menit hingga akhirnya kita akan bertemu dengan laut lepas yaitu Selat Malaka. Dari sini waktu yang di tempuh yaitu sekitar 4-5 jam perjalanan. Yang artinya total waktu yang di tempuh sekitar 4.5 s/d 5.5 jam dari pelabuhan nelayan. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah dalam peerjalanan akan ada begitu banyaka halangan antara lain yaitu ombak laut yang sulit di prediksi sehingga terkadang bisa tenang bisa juga sangat berombak. Saran saya langsung gunakan pelampung pada saat sudah mulai naik perahu dan bagi yang takut laut saya sarankan untuk tidur agar tidak pusing atau bahkan muntah.

Sedangkan untuk biaya, kemarin kita ada berangkat sekitar sepuluh orang. disini biaya yang dihitung yaitu per orang. Dana yang kami habiskan perorang untuk bisa kesana sekitar 700 ribu rupiah. Ini sudah termasuk biaya perahu pergi dan pulang 2 hari 1 malam, biaya makan, penginapan, biaya asuransi, dan biaya penginapan dan biaya EO. Sebagai inforamsi, disana kita akan menginap di Mes Marinir atau ada juga Mes Dinas Perhubungan karena saat ini pulau tersebut di huni oleh Pasukan TNI AL. Jadi sangat disarankan bagi yang ingin berangkat, wajib rombongan agar biaya semakin murah dan terjangkau.

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang akhirnya kita tiba di pelabuhan di sana dan kita akan langsung di arahakan oleh Anggota Marinir di sana. Dan kita pun bisa melaksanakan setiap kegiatan kita disana. Beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan antara lain Snorkling, Tracking ke Menara, Api Unggun, Melihat biota laut, Penyu dan lain lain. Dan satu hal yang juga saya perlu tekankan disana, mohon untuk menjaga kebersihan pulau berhala. Karena pada saat saya tiba disana, kondisi banyak saya temukan bungkusan makanan. Maaf saya tidak ambil fotonya. Seperti terlihat di gambar berikut:

IMG_9322 IMG_9347 IMG_9677 IMG_9678 IMG_9688 IMG_9705

IMG_9755

IMG_9624

Demikianlah beberapa hal tetntang pulau berhala dan bagaiamana kesana. Semoga bermaanfaat dan membawa kebaikan pada kita semua.

Sampai ketemu pada tulisan berikutnya.

Salam…..

Iklan

2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

hmmm ternyata pulaunya tidak seperti yang saya bayangkan..segera mencoret dari daftar list saya dan menaikan pulau Mursala sibolga ^-^ . hanya saya kurang tahu apakah karena fotonya yang kurang menonjolkan keindahan ini pulau yah atau memang karena biasa saja. karena masih lebih bagus tangkahan bukit lawang, hehheheeh.
dan kalimat terakhir yang membuat pikiran saya untuk tidak mendatangi pulau ini “mohon untuk menjaga kebersihan pulau berhala. Karena pada saat saya tiba disana, kondisi banyak saya temukan bungkusan makanan. Maaf saya tidak ambil fotonya.”

berharap pulau ini lebih dikelolah lagi dengan baik dan menawarkan berbagai ide sehingga bisa menjadi objek wisata yang bagus di sumatera utara.

Komentar oleh Era Juliana

Dear Ito Era,
Semoga dalam keadaan sehat. Untuk pulaunya, memang karena sudah banyak yang dating kesan menjadi kurang terawatt. Dan pastinya banyak sampah. Semoga dapat lebih di tonjolkan lagi.
Dan kapan ito datang kesana ?

Komentar oleh frankysimarmata




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: