baluap


Leadership/Kepemimpinan
April 24, 2012, 2:22 pm
Filed under: Christian | Tag: , ,

Apa yang terbersit di pikiran kita jika kita dihadapkan dengan judul di atas. Yaitu kepemimpinan. Pastilah bagi kebanyakan orang kata tersebut mengandung makna kekuasaan, kontrol penuh, perintah, mengatur, dan lain sebagainya.

Dalam beberapa literatur, Kepemimpinan(leadership) berarti kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bekerjasama sesuai dengan rencana demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam manajemen, bahkan dapat dinyatakan, kepemimpinan adalah inti dari managemen (http://referensi-kepemimpinan.blogspot.com/2009/03/persyaratan-seorang-pemimpin.html).

Literatur lain mengatakan, Kepemimpinan(leadership) berarti proses mempengaruhi orang lain yang mana seorang pemimpin mengajak anak buahnya secara sekarela berpartisipasi guna mencapai tujuan organisasi(http://community.siutao.com/showthread.php/1684-Leadership-Teori-Kepemimpinan).Dari keterangan di atas, dapat kita simpulkan, intinya adalah bagaimana kita mampu mempengaruhi orang lain dalam konteks untuk bersama-sama mancapai tujuan perusahaan jika kita bekerja dalam suatu institusi. Namun dalam kenyataannya, proses mempengaruhi yang dimaksud banyak di salah artikan. Maksudnya adalah, kata mempengaruhi di atas dengan kekuasaan yang ada, pemimpin/pimpinan melakukan tindakan dimana bawahan selaku pelaku institusi tetap terpengaruh serta ikut apa yang menjadi perintah atasan, tetapi dengan keterpaksaan.

Dalam bukunya yang berjudul The 360° Leader, Mengembangkan Pengaruh Anda dari Posisi Manapun dalam Organisasi, John C. Maxwell menyebutkan bahwa ada beberapa tingkatan yang terjadi terhadap proses suatu kepmimpinan. Antara lain :

  1. Posisi
  2. Izin
  3. Produksi
  4. Pengembangan Manusia
  5. Kedirian
  1. Posisi, hal ini akan berbicara tentang hak, di mana Orang mengikuti Anda sebagai seorang pemimpin karena karena mereka harus melakukan hal tersebut. Catt: Pengaruh anda tidak akan melampaui batasan-batasan deskripsi pekerjaan anda.
  2. Izin, hal ini akan berbicara tentang hubungan, di mana Orang mengikuti Anda karena mereka ingin melakukan hal tersebut. Catt: Orang akan mengikuti Anda hingga melampaui wewenang yang ditetapkan kepada Anda. Peringatan: bertahan terlalu lama diposisi tanpa peningkatan akan mengakibatkan orang-orang yang bermotivasi tinggi akan gelisah.
  3. Produksi, hal ini berbicara tentang Orang akan mengikuti Anda karenaAnda telah melakukan sesuatu terhadap Organisasi.  Catt: Ini adalah tempat kesuksesan dirasakan oleh sebagian besar orang. Mereka menyukai Anda dan apa yang tengah Anda lakukan.
  4. Pengembangan Manusia, hal ini akan berbicara tentang Orang akan mengikuti anda karena apa yang telah Anda lakukan terhadap Mereka. Ini adalah tempat pertumbuhan jangka panjang yang terjadi,
  5. Kedirian, hal ini berbicara tentang Orang mengikuti Anda Karena siapa Anda dan apa yang Anda representasikan. Catt: Langkah ini di tujukan bagi orang-orang yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan orang lain dan organisasi

Namun sangat lah berbeda dengan kepemimpinan Yesus. Anak manusia datang bukan datang untuk dilayani, melainkan untuk dilayani. Seperti bsa dilihat pada ilustrasi diberikut

sungguh sikap yang sangat sulit kita jumpai pada era kepemimpinan saat ini. dalam  Injil Markus 43-45 dikatakan, Tetapi kalian tidak boleh begitu! Sebaliknya, orang yang mau menjadi besar di antara kalian, ia harus menjadi pelayanmu. Dan orang yang mau menjadi yang pertama di antara kalian, harus menjadi hamba bagi semua. Sebab Anak Manusia pun tidak datang untuk dilayani. Ia datang untuk melayani dan untuk menyerahkan nyawa-Nya untuk membebaskan banyak orang. Sungguh sikap yang luar biasa yang wajib ditiru oleh pemimpin kita saat ini.

Terima Kasih

Tuhan Yesus Memberkati

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: